5 Cara Membuat Bisnis Peternakan Sapi Anda Menjadi Praktis & Menguntungkan

Monday, August 14, 2017

 

Memiliki usaha di bidang ternak sapi memerlukan tenaga, waktu dan pikiran yang ekstra karena Anda harus memastikan suplai makanan, kebersihan kandang, asupan vitamin dan vaksin yang sesuai dengan kebutuhan standar perawatan sapi.

 

Namun beratnya usaha ternak sapi sangat sebanding dengan prospek yang dihasilkan. Karena permintaan di pasar tidak ada habisnya sementara harga di pasaran selalu naik dan tidak kunjung turun. Permintaan sapi sendiri memang bersifat fluktuatif, meningkat pada waktu-waktu tertentu, terutama menjelang hari besar keagamaan seperti lebaran ataupun menjelang natal. Namun secara harian saja, permintaan di pasar cukup besar untuk suplai permintaan pasar personal ataupun pasar horeka ( Hotel, Restoran, dan Katering )

 

Lalu bagaimana sebenarnya cara yang baik untuk menghasilkan usaha ternak sapi yang sukses?

 

  • Perhatikan jenis lahan

Dalam penggunaan lahan sebaiknya untuk menghindari penggunaan lahan di kawasan padat penduduk. Karena sapi memiliki kotoran dalam jumlah besar dengan aroma yang kuat, disisi lain kotoran sapi termasuk sarang penyakit sehingga dapat menjadi penyebab penyakit apabila berada di kawasan padat penduduk.

  • Tentukan jenis kandang

Kandang merupakan hal yang juga harus dipersiapkan. Sebaiknya untuk menggunakan kandang dengan bentuk terbuka dan beratap. Manfaatkan atap dari jenis asbes atau atap baja ringan untuk mengurangi residu asbes pada sapi. Perhatikan bahwa sapi tidak suka berpanasan, jadi pastikan Anda menyediakan pepohonan perindang untuk membantu menyejukan kawasan lahan.

  • Perhatikan saluran sanitasi

Jangan lupakan untuk menyiapkan saluran pembuangan air supaya Anda mudah dalam membersihkan kandang dan saat memandikan sapi . Siapkan pula galian untuk mengubur kotoran sapi dan Anda bisa menghasilkan pupuk kandang

  • Perhatikan asupan makanan dan vitamin

Sapi termasuk jenis binatang yang sensitif sehingga harus diperhatikan asupan makanan dan vitaminnya. Siapkan rumput dengan kualitas terbaik beserta unsur vaksin dan multivitamin untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tidak mudah diserang penyakit dan memaksimalkan metabolisme tubuhnya.

  • Siapkan sebuah aplikasi pendukung

Setelah semua perawatan telah Anda lakukan, sebaiknya Anda juga menyiapkan sebuah aplikasi untuk memantau itu semua. Karena semakin banyak jumlah sapi Anda, semakin sulit Anda memantau perkembangan berat badan, asupan makanan dan kondisi kesehatan sapi. Dengan menggunakan aplikasi, seluruh hal tentang sapi Anda akan terpantau melalui genggaman Anda

 

Wmotion sebagai salah satu Cloud Solution Provider di Indonesia memberikan solusi untuk kebutuhan aplikasi peternakan anda. Aplikasi yang bernama Livestock Information Management System dapat membantu Anda dalam memantau berat badan, jenis pakan dan kesehatan sapi ternak Anda. Kombinasi pakan yang tepat dan penangangan cepat tanggap terhadap penurunan kondisi kesehatan sapi akan membuat sapi mencapai target berat badan lebih cepat. Bukan hanya itu, aplikasi peternakan ini dapat memberikan informasi silsilah perkawanin. Sehingga Anda dapat membatu anda menentukan indukan yang tepat.

 

Sangat menarik bukan? Anda bisa kunjungi wmotion.co.id untuk mendapatkan aplikasi ini dan meningkatkan usaha ternak sapi Anda.

 

 

Please reload

Please reload

Please reload

Monday, August 20, 2018

Please reload

  • Facebook Wmotion business solution S
  • Instagram Wmotion business solution
  • Linkedin Wmotion business solution S
  • Youtube Wmotion business solution SA