Tingkatkan penjualan dengan cara-cara ini

Wednesday, April 11, 2018

 

Penjualan (sales) merupakan hal akhir yang dicapai dari proses pemasaran serta bisnis. Tim sales sering disebut pula dengan istilah sales executive, account executive, dan salesperson. Mereka memiliki peran penting dalam perusahaan dengan mengemban tugas yang penuh tanggung jawab untuk membuat perusahaan tetap mencapai target

 

Terdapat banyak cara yang dilakukan untuk mencapai target tersebut. Tim sales dapat menghubungi calon customer melalui telepon, membuat janji pertemuan, sampai berinteraksi melalui media lain. Tetapi, 85% customer menyatakan bahwa mereka tidak puas dengan interaksi yang dilakukan melalui telepon. Hal tersebut menjadi penghambat untuk tim sales dalam mencapai target.

 

 

Kami mempunyai beberapa tips agar Anda dan tim sales Anda meningkatkan penjualan

  • Kelola hubungan yang baik dengan customer

Approach each customer with the idea of helping him or her to solve a problem or achieve a goal, not of selling a product or service” - Brian Tracy

 

Mengelola hubungan yang baik dengan customer dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tetapkan satu mindset di pikiran Anda untuk membantu customer, sehingga customer akan senang hati menceritakan permasalahannya dan percaya kepada Anda sehingga Anda bisa memberikan solusi dengan menawarkan produk Anda. Anda bisa mulai dari membuat jadwal pertemuan dengan customer, mulai dari mengajak makan siang, minum kopi di sore hari, atau mengajak pergi ke event tertentu. Anda juga bisa mengelola hubungan dengan customer lebih baik menggunakan Customer Relationship Management.

 

  • Selalu siap

Ketika menjadi seorang sales person, sales executive, atau account executive, Anda akan dituntut untuk selalu siap, baik secara fisik maupun pengetahuan. Kesiapan secara fisik dapat dimulai dengan selalu berpakaian sopan dan rapi, sehingga Anda dapat dengan bebas pergi ke manapun sesuai kebutuhan. Seorang sales person akan selalu berhubungan dengan orang dari berbagai kalangan, oleh karena itu, Anda harus tetap siap dengan informasi atau berita terkini, baik yang berhubungan dengan produk yang Anda jual, maupun tidak. Anda dapat mulai dengan membaca berita di pagi hari. Tidak hanya itu, Anda juga harus siap dengan topik pembicaraan yang dapat menjadi ice breaker saat berbicara dengan calon customer.

 

 
  • Pelajari teknik negosiasi yang baik

Untuk menjadi seorang salesperson yang handal tentu membutuhkan waktu. Kemampuan berjualan dan negosiasi yang baik akan terus meningkat seiring dengan jam pertemuan sales dengan calon customer. Baik sales person junior maupun senior, Anda harus tetap menyampaikan presentasi dengan teknik yang sesuai. Anda harus perhatikan gaya bicara dan lebih peka dengan gerak tubuh lawan bicara Anda. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan topik obrolan dengan lawan bicara. Berkaitan dengan poin yang kami sampaikan sebelumnya, jangan sampai Anda datang ke meeting tanpa persiapan.

 

  • Gunakan bantuan teknologi

Anda tentu sering mendengar bahwa perkembangan teknologi dapat mengubah cara kita membeli produk dan juga mengubah cara kita menjual produk. Teknologi juga dapat mengubah cara kita mempresentasikan dan menjual suatu produk. Teknologi juga dapat hadir melalui aplikasi yang dapat membantu tim sales mengecek ketersediaan barang dan mengatur jadwal pertemuan dengan customer. Teknologi Customer Relationship Management juga dapat membantu tim sales dalam mengelola dan membina hubungan baik dengan customer.


 

 

 

 

 

 

Please reload

Please reload

Please reload

Monday, August 20, 2018

Please reload

  • Facebook Wmotion business solution S
  • Instagram Wmotion business solution
  • Linkedin Wmotion business solution S
  • Youtube Wmotion business solution SA