Mari mengenal aset-aset yang ada di perusahaan

Wednesday, April 25, 2018

Kita sering mendengar mengenai pentingnya merawat aset perusahaan dan keuntungan dari merawat aset-aset perusahaan. Tapi sebenarnya apa itu aset perusahaan dan jenis-jenis aset yang ada di perusahaan?

 

 

 

 

Aset secara mudah dapat dikatakan sebagai sumber ekonomi dalam sebuah perusahaan. Aset dapat berwujud maupun tidak terwujud. Aset biasanya dimiliki dan dikelola oleh perusahaan untuk memberikan nilai ekonomi yang lebih dan membantu perusahaan. Dengan kata lain, aset merupakan seluruh kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan.

 

Aset sering juga disebut sebagai aktiva. Berikut merupakan jenis-jenis aset atau aktiva yang ada di perusahaan.

 

  • Aktiva lancar

Jenis aktiva atau aset ini merupakan aset yang paling ‘cair’, dengan kata lain, aset jenis ini merupakan aset yang paling mudah dan sering dikonversikan menjadi uang tunai atau uang kas. Aset atau aktiva lancar memiliki manfaat yang relatif singkat, dengan perputaran yang cepat, dan biasanya terganti dengan jenis aktiva lain.

 

Contoh aktiva lancar ialah kas, investasi jangka pendek, persediaan barang, piutang, dan aset lain yang mudah dan cepat terkonversikan.

 

  • Aktiva tidak lancar

Aset atau aktiva tidak lancar merupakan aktiva dengan siklus hidup atau masa manfaat yang cukup lama. Aktiva tidak lancar dibagi menjadi 3 kategori, yaitu aktiva tetap, aktiva tidak berwujud, dan investasi jangka panjang.

 

  • Aktiva tetap (fixed asset)

Aktiva tetap merupakan sumber ekonomi atau kekayaan perusahaan yang bersifat permanen. Aktiva tetap dapat digunakan dan bermanfaat dalam waktu yang relatif lama. Aktiva tetap biasanya dipergunakan oleh perusahaan untuk menunjang kegiatan operasional, serta tidak untuk dijual. Aktiva tetap dapat berwujud bangunan, tanah, peralatan atau mesin-mesin kantor. Karena umur aktiva tetap biasanya lebih dari satu tahun perhitungan buku, aktiva tetap terkena biaya penyusutan dan harus diperhitungkan dan dikelola dengan baik

 

  • Aktiva tidak berwujud

Kita tidak dapat melihat aset jenis ini secara langsung. Aset atau aktiva jenis ini tidak dapat diukur secara fisik tetapi dapat diidentifikasi menjadi kekayaan yang terpisah. Aktiva tidak berwujud biasanya merupakan hak-hak perusahaan dimana kepemilikannya diatur dan dilindungi oleh perundang-undangan. Aktiva tidak berwujud dapat berupa hak paten, hak guna bangunan, franchise, goodwill.

 

  • Investasi jangka panjang

Investasi merupakan bagian dari aset yang tidak lancar dan juga tidak berwujud, tetapi tidak dapat langsung digunakan oleh perusahaan. Investasi biasanya dapat dinikmati setelah jangka panjang.


 

Terdapat banyak jenis aset yang ada di perusahaan. Berbagai jenis aset tersebut membutuhkan sistem pengolaan yang berbeda-beda pula. Saat ini, telah banyak asset management solution yang membantu perusahaan untuk mengelola aset mereka.

 

Sebuah solusi aset manajemen dapat membantu perusahaan menghitung jumlah penyusutan, mengurangi resiko kerusakan aset, bahkan menghindari pencurian terhadap aset. Bahkan, 30% perusahaan belum menghitung dengan jelas aset apa yang mereka miliki, dimana mereka menyimpannya, dan siapa yang menggunakan aset tersebut. Itulah mengapa kegiatan menyimpan, mengelola, dan merawat aset menjadi kegiatan yang krusial.



 

 

 


 





 

Please reload

Please reload

Please reload

Monday, August 20, 2018

Please reload

  • Facebook Wmotion business solution S
  • Instagram Wmotion business solution
  • Linkedin Wmotion business solution S
  • Youtube Wmotion business solution SA